Rute Merpati ke Timika Diambil Alih Garuda dan Sriwijaya Air




Rute penerbangan dari dan ke Timika, yang selama ini dilayani oleh maskapai Merpati Nusantara akan diambil alih oleh maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.

Menurut Kepala Bidang Perhubungan Udara Dishubkominfo Kabupaten Mimika, Papua, John Rettob, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub sudah memberikan izin kepada Garuda untuk menerbangi rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya, setiap hari. Diharapkan, pekan depan rute penerbangan Garuda Indonesia tersebut bisa mulai efektif.

“Sudah tentu hal ini merupakan berita menggembirakan bagi warga pengguna jasa penerbangan di Timika karena mereka akan memiliki banyak pilihan saat bepergian dari dan ke Timika. Selama ini masyarakat terus bertanya-tanya sejak Merpati Nusantara menghentikan seluruh aktivitas penerbangan,” tutur John, dilansir Antara.

Untuk menerbangi rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura PP tiap hari, Garuda Indonesia direncanakan akan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-800. Penerbangan akan berangkat dari Jakarta pukul 05.00 WIB dan diperkirakan tiba di Timika pukul 13.00 WIT. Pesawat yang sama berangkat kembali dari Timika ke Makassar pada pukul 14.30 WIT.

Selama ini, Garuda Indonesia mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-800 untuk melayani rute Jakarta-Denpasar-Timika-Jayapura pulang pergi setiap hari. Pesawat tersebut berangkat dari Jakarta pada pukul 21.00 WIT dan tiba di Timika sekitar pukul 07.00 WIT.

“Pihak Garuda Indonesia menambah satu armada pesawat untuk melayani penerbangan ke Timika. Sementara rute Jakarta-Denpasar-Timika-Jayapura dan sebaliknya tetap beroperasi seperti biasa. Dengan demikian masyarakat memiliki alternatif untuk bepergian ke Jayapura dengan pesawat Garuda apakah pagi hari atau siang hari,” ujar John.

Di sisi lain, riwijaya Air dan juga Garuda Indonesia telah memasukkan penawaran untuk melayani rute yang ditinggalkan oleh pesawat Merpati yaitu rute Timika-Sorong-Manado dengan frekuensi penerbangan tiga kali sepekan.

Pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub diketahui telah menyetujui maskapai Sriwijaya Air dapat melayani rute tersebut. Pihak Sriwijaya Air rencananya akan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-500 untuk melayani rute Timika-Sorong-Manado tiga kali sepekan.

Sumber berita : Indo-Aviation.com

Pudi Hartoyo

Pudi Tour and Travel hadir disini untuk melayani anda sebagai sahabat, Keluarga dan mitra kerja yang siap melayani segala kebutuhan wisata anda.

1 komentar:

Etika Maria mengatakan...

Semoga dapat memberi pelayanan terbaik pada masyarakat..