Yogyakarta: Pusat Budaya dan Wisata di Tanah Jawa



Yogyakarta atau yang biasa disebut dengan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang menduduki posisi tertinggi setelah Bali. Hal ini tidak mengherankan karena Jogja memiliki beragam objek wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata belanja, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya itu, kota ini telah menjadi pusat kebudayaan dan peradaban masyarakat Jawa sejak adanya Kerajaan Mataram, bahkan Kerajaan Mataram Baru eksistensinya masih ada hingga kini.

Selain dikenal sebagai kota budaya, Jogja juga dikenal dengan sebuatan kota pelajar. Ini tidak luput dari banyaknya pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang datang ke Jogja untuk menimba ilmu. Sehingga, tidak bisa dipungkiri lagi jika Jogja kini berubah menjadi sebuah kota yang modern dan majemuk tapi tetap tidak meninggalkan unsur budaya yang telah diwarisi sejak lama.

Jalan Malioboro yang berada di pusat kota merupakan salah satu hal yang paling memikat wisatawan baik lokal maupun asing. Kenapa? Hanya di satu jalan ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas pilihan seperti berburu batik di berbagai toko di sepanjang jalan, berbelanja souvenir, menikmati sajian makanan di lesehan sepanjang jalan, naik becak dan andong, serta memborong batik murah di Pasar Beringharjo yang terletak di ujung jalan Malioboro. Saat malam hari, tidak sedikit pengamen-pengamen jalanan yang melantunkan alat musiknya dengan sangat serasi semakin menyemarakkan Malioboro.

Jika mau berjalan lebih lanjut hingga ujung Jalan Malioboro, wisatawan bisa menemukan berbagai bangunan peninggalan sejarah, di antaranya Benteng Vredeburg, Gedung Agung yang menjadi kantor presiden, Kantor Pos Besar, Bank Indonesia, dan Bank BNI 46. Tepat di depan Benteng Vredeburg dan Gedung Agung disiapkan tempat duduk yang menjadi tempat favorit bagi warga Jogja dan wisatawan untuk bercengkerama menikmati Jogja. Hanya sekitar 100 meter dari lokasi-lokasi tersebut terdapat Keraton Yogyakarta yang wajib dikunjungi bagi siapapun yang datang ke Jogja.

Transportasi ke Jogja

Transportasi Udara

Jogja merupakan kota yang sangat mudah diakses dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk transportasi udara, Bandara Adi Sucipto Jogja sudah terhubung langsung dengan Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Tarakan, Pangkalan Bun, Batam, Pekanbaru, Makassar, Kuala Lumpur, dan Singapura.

Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Jogja dari berbagai kota tersebut antara lain: Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, Mandala Airlines, Indonesia AirAsia, Indonesia Air, Sriwijaya Air, Xpress Air, Merpati Nusantara, Wings Air, AirAsia, dan Tigerair.

Transportasi Darat : Kereta Api.

Selain dengan pesawat, kereta api merupakan alternatif transportasi yang menarik untuk sampai di Jogja. Kota ini memiliki dua stasiun kereta api, yaitu Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Stasiun Tugu difokuskan untuk melayani perjalanan kereta api kelas eksekutif dan bisnis, sementara Stasiun Lempuyangan untuk melayani kereta api kelas ekonomi. Jika menggunakan jasa kereta api kelas eksekutif/bisnis, tentu saja Anda tidak perlu memanfaat transportasi lagi untuk mencapai pusat kota karena stasiun hanya bersebelahan dengan Malioboro.

Saat ini kereta api yang melayani perjalanan ke Jogja di antaranya:

1. Dari Jakarta: Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka Pagi, Taksaka Malam, Gajayana, Bima, Senja Utama, Senja Utama Solo, Fajar Utama, Bogowonto, Gajah Wong, Gaya Baru Malam, Bengawan, dan Progo.
2. Dari Bandung: Argo Wilis, Turangga, Lodaya Pagi, Lodaya Malam, Malabar, dan Mutiara Selatan.
3. Dari Surabaya: Sancaka Pagi, Sancaka Sore, Bima, Turangga, Argo Wilis, Mutiara Selatan, Gaya Baru Malam, Sri Tanjung, Pasundan, dan Logawa.
4. Dari Malang: Gajayana dan Malabar.
5. Dari Madiun: Madiun Jaya
6. Dari Solo: Sriwedari, Prambanan Ekspres (Prameks), dan Madiun Jaya

Transportasi Darat : Bus/Travel/Mobil.

Jika dari kota tempat tinggal Anda tidak ada penerbangan maupun kereta api ke Jogja, Anda masih bisa memanfaatkan transportasi lain seperti dengan mobil pribadi, travel, dan bus. Berbagai perusahaan otobus dan travel banyak melayani perjalanan ke Jogja dari kota-kota di Jawa dan Sumatera.

Bus yang melayani perjalanan ke Jogja di antaranya:

1. Dari Medan: Antar Lintas Sumatera (ALS)
2. Dari Palembang: Putra Remaja
3. Dari Lampung: Putra Remaja, Rosalia Indah, Puspa Jaya
4. Dari Merak: Putra Remaja, Rosalia Indah, Sumber Alam, Santoso
5. Dari Tangerang: Rosalia Indah, Lorena
6. Dari Jakarta: Rosalia Indah, Putra Remaja, Ramayana, Kramat Jati, Maju Lancar, Lorena
7. Dari Bandung: Kramat Jati
8. Dari Semarang: Ramayana, Pahala Kencana
9. Dari Surabaya: EKA, Mira, Sugeng Rahayu/Sumber Kencono
10. Dari Denpasar: Safari Dharma Raya

Transportasi di Jogja

Jogja menyediakan berbagai angkutan umum untuk berkeliling kota. Salah satu yang murah dan menjangkau berbagai spot-spot menarik di Jogja adalah TransJogja. Selain itu, ada juga bus kota yang melayani sejumlah rute. Namun, jika ingin mendapatkan kenyamanan, taksi merupakan opsi terbaik. Tapi, Anda perlu tanya terlebih dahulu apakah taksi itu menggunakan argo atau tidak untuk perhitungan ongkosnya. Banyak taksi di Jogja yang tidak menggunakan argo dan lebih memilih dengan sistem negosiasi. Jika Anda ingin lebih private, di Jogja banyak tersedia rental mobil dan motor. Tentu dengan pilihan ini Anda bisa lebih fleksibel dalam melakukan perjalanan.

Untuk berkeliling ke lokasi-lokasi yang saling berdekatan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan jasa angkutan yang menjadi salah satu ciri khas Kota Jogja. Apalagi kalau bukan becak dan andong. Berkeliling kota di dengan becak atau andong tentu menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan.

Objek Wisata

Jogja memiliki objek wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja, dan wisata kuliner. Keraton Yogyakarta yang terletak tidak jauh dari Malioboro bisa menjadi tujuan utama Anda saat berwisata di Jogja. Di sekitar keraton terdapat berbagai objek lain yang tidak kalah menarik seperti Masjid Agung Kauman, Taman Sari, dan Alun-Alun Kidul (selatan).

Berada agak jauh dari kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta, terdapat Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Candi Borobudur yang menjadi warisan budaya dunia tentu saja tidak boleh Anda lewatkan. Meskipun Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, namun lokasinya masih cukup mudah diakses dari Jogja dengan menempuh perjalanan dengan kendaraan kurang lebih 1,5 jam.

Jika ingin menikmati wisata alam berupa pantai, Jogja juga menyediakan pantai-pantai yang indah. Berada di sebelah selatan Jogja terdapat Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, dan Pantai Samas. Tapi jika ingin mendapatkan keindahan pantai yang lebih memukau, coba datanglah ke daerah Gunung Kidul yang memiliki Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, dan masih banyak lagi pantai lain yang berpasir putih.

Kawasan wisata Kaliurang yang berada di lereng Gunung Merapi menjadi tempat menarik jika Anda ingin menikmati kesejukan pegunungan. Tidak jauh dari Kaliurang, Anda bisa menikmati lava tour yang tepat berada di kaki Gunung Merapi, lokasi rumah Mbah Marijan yang luluh lantak diterjang wedhus gembel saat Merapi memuntahkan laharnya.

Daftar obyek wisata di Jogya

1. Keraton Yogyakarta
2. Taman Sari
3. Alun-Alun Kidul (Selatan)
4. Malioboro
5. Benteng Vredeburg
6. Kawasan Nol Kilometer
7. Tugu Jogja
8. Monumen Jogja Kembali (Monjali)
9. Kaliurang
10. Museum Ulen Sentalu
11. Lava Tour Merapi
12. Candi Prambanan
13. Candi Ratu Boko
14. Candi Ijo
15. Candi Kalasan
16. Candi Borobudur
17. Pantai Parangtritis
18. Pantai Depok
19. Pantai Parangkusumo
20. Pantai Samas
21. Pantai Baron
22. Pantai Kukup
23. Pantai Krakal
24. Pantai Indrayanti
25. Pantai Wediombo

Kuliner dan Belanja

Jogja terkenal dengan sebutan Kota Gudeg. Tidak mengherankan karena gudeg merupakan makanan khas dari Jogja. Tidak lengkap rasanya datang ke Jogja tanpa mencicipi makanan manis dengan bahan dasar nangka muda ini. Gudeg ini banyak dijual di seantero Jogja, baik berupa restoran, warung, warung tenda, bahkan lesehan. Sentra gudeg yang paling terkenal di Jogja adalah di Wijilan. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik becak. Tempat ini bisa menjadi lokasi makan siang Anda setelah berkeliling keraton dan sekitarnya.

Daftar wisata kuliner di Jogya

1. Gudeg Wijilan
2. Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad
3. Sate Klathak
4. Bakpia Pathuk 25

Untuk berbelanja, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Cukup berada di Malioboro, Anda sudah bisa menuntaskan seluruh hasrat belanja Anda. Berbagai barang-barang menarik bisa Anda beli di sana. Pasar Beringharjo yang menjadi sentra batik murah juga bisa menjadi tujuan untuk Anda yang ingin membeli batik dengan jumlah besar. Berjalan agak jauh dari Malioboro, Anda bisa ke Kota Gede yang menawarkan kerajinan yang terbuat dari perak.

Daftar wisata belanja di Jogja

1. Malioboro
2. Pasar Beringharjo
3. Pusat Kerajinan Perak di Kota Gede
4. Mirota Batik

Akomodasi

Sebagai kota tujuan wisata utama di Indonesia, Jogja menyediakan berbagai alternatif penginapan, mulai dari penginapan kelas bintang lima hingga penginapan murah untuk yang berbudget cekak maupun wisatawan yang ingin menghemat dananya.

Untuk penginapan murah, Jalan Sosrowijayan yang berada di kawasan Malioboro menyediakan banyak sekali alternatif penginapan-penginapan murah. Cobalah masuk ke gang-gang di Sosrowijayan, maka Anda akan menemukannya. Selain kawasan Sosrowijayan, sentra penginapan murah juga terdapat di Prawirotaman. Bedanya, Prawirotaman berada agak jauh dari kawasan Malioboro.

Daftar Hotel Berbintang di Jogja

1. Hotel Inna Garuda
2. Hotel Melia Purosani
3. Hotel Sri Wedari
4. Hotel Royal Ambarukmo
5. Amaris Hotel
6. POP! Hotel
7. Griya Desa Hotel

Daftar Hotel/Penginapan murah di Jogja
1. Hotel Merapi
2. Hotel Merbabu

Tips Saat Berwisata di Jogja

1. Jogja sangat ramai dikunjungi pada libur sekolah dan Lebaran, sebaiknya hindari waktu-waktu ini.
2. Lakukan tawar-menawar saat naik becak, andong, atau taksi non-argo.
3. Berpakaian sopan saat berkunjung ke berbagai candi di Jogja.

Sumber berita : http://panoramaindonesia.info

Pudi Hartoyo

Pudi Tour and Travel hadir disini untuk melayani anda sebagai sahabat, Keluarga dan mitra kerja yang siap melayani segala kebutuhan wisata anda.

8 komentar:

EKA IKHSANUDIN mengatakan...

kalo inget Jogja jadi pengen mudik kang hehee.... moga lebaran taun ini bisa lebaran di Kota kelahiranku yg Indah ini :) aamiin

makhluk surga mengatakan...

Dulu saya pernah malam tahun baru di jogja...paginya ke pantai parangtritis...pokoke manteb, tp pernah ditilang juga di Jogja...banyak kenangan disana...

Modifikasi Motor mengatakan...

jadi pgin ke jogja ehe

Elly Tran Ha mengatakan...

jadi pgin kek jogja hehe

Elly Tran Ha mengatakan...

jadi pgin ke jogja hehe

Modifikasi Motor mengatakan...

pigin ke jogja fufufuu

iwhoz.com mengatakan...

Tempat yang menarik.. Pasti akan ke sana.

ctpayong mengatakan...

bagus informasinya. in syaa Allah bila saya berkunjung lagi ke semarang, saya akan cuba menaiki kenderaan awam seperti yg di publishkan.