Ada Royal Wedding Keraton, Saatnya Datang ke Yogya!



Yogyakarta - Minggu ini adalah waktu yang tepat untuk traveling ke Yogyakarta. Keraton Yogyakarta akan menggelar pernikahan putri keempat Sri Sultan Hamengku Buwono X. Akan ada juga parade kereta kuda dari Keraton. Seru!

Putri keempat Sri Sultan Hamengku Buwono X yang segera menikah adalah GKR Hayu dengan KPH Notonegoro. Prosesi pernikahan akan digelar selama 3 hari, mulai 21-23 Oktober 2013.

Nah, jika para traveler sudah berada di Yogyakarta pada Senin (21/10/2013), geliat meriah acara ini pasti sudah terasa. Menurut Permaisuri GKR Hemas kepada wartawan pada Jumat (18/10) lalu, 100 persen persiapan pernikahan dituntaskan pada akhir pekan kemarin. Sehingga tanggal 21-23 Oktober 2013, prosesi agung ini sudah bisa dimulai.

Prosesi akan dimulai pada hari Senin 21 Oktober 2013 dengan siraman dan nyantri bagi calon pengantin putra, KPH Notonegoro. Sementara calon pengantin putri GKR Hayu akan sungkeman di Kraton Kilen dan upacara siraman. Pada malam harinya Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X akan melakukan tantingan atau menanyakan sekali lagi sebelum proses akad nikah kepada calon pengantin putri.

Hari kedua prosesi dilanjutkan dengan ijab dan panggih di keraton. Resepsi dan pamitan yang dihadiri Presiden SBY dan tamu VIP lain, digelar di hari terakhir atau Rabu tanggal 23 Oktober 2013. Nah, hari ketiga ini yang tidak boleh dilewatkan wisatawan di Yogyakarta!

Resepsi Royal Wedding Keraton Yogyakarta akan digelar di Kepatihan pada Rabu (23/10) mendatang pukul 10.00 WIB. Sebelum Royal Wedding akan ada kirab pengantin menggunakan kereta dari Keraton menuju Kepatihan. Tentu ini adalah kesempatan super langka untuk wisatawan.

Sebanyak 360 prajurit, 12 kereta dan 68 kuda telah disiapkan untuk parade ini. Kereta-kereta kuda ini akan digunakan saat kirab dari Keraton Yogyakarta menuju tempat acara resepsi di Kepatihan, di kompleks Kantor Gubernur DIY di Jl Malioboro. Tentu saja, wisatawan bisa melihat arak-arakannya.

Catat rutenya ya! Kereta pengantin akan berangkat dari Keben Kraton diikuti kereta yang akan dinaiki utusan dalem. Dari Keben, rombongan kereta pengantin melewati Jl Rotowijayan, depan Masjid Besar Kauman, Museum Sonobudoyo, baru ke arah utara melewati Jl Trikora menuju Jl Malioboro. Saat rombongan pengantin sampai di depan Museum Sonobudoyo, Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama GKR Hemas berangkat dari Pagelaran Kraton.

Rombongan Sultan yang akan berangkat dari Pagelaran akan dikawal 240 prajuri dari empat bregada yakni Wirobrojo, Daeng, Ketanggung dan Mantrijero. Sultan akan menuju Pagelaran melewati Siti Hinggil setelah rombongan pengantin berangkat dari Keben.

Saat Royal Wedding sebelumnya antara GKR Bendara dengan KPH Yudanegara, ribuan orang menonton di sepanjang jalur parade kereta. Jadi jika Anda ingin menikmati momen khusus ini, pastikan datang lebih awal di rute yang sudah ditentukan agar bisa mendapatkan posisi terbaik untuk menonton kirab pengantin ini.

Sumber berita: travel.detik.com

Pudi Hartoyo

Pudi Tour and Travel hadir disini untuk melayani anda sebagai sahabat, Keluarga dan mitra kerja yang siap melayani segala kebutuhan wisata anda.

1 komentar:

Syuri mengatakan...

Good day, please visit my blog or directly to https://play.google.com/store/apps/details?id=air.PuzzleBarbie and https://play.google.com/store/apps/details?id = air.KumpulanDongeng, there is a fairy child from indonesia and nice puzzle to educate and develop young wit, please try, hopefully useful and thanks