Ini Dia Pesawat Yang Paling Digilai Maskapai Dunia


(foto by businessinsider.com)
Dubai : Boeing seri 777X terbukti menjadi jenis pesawat yang paling ditunggu-tunggu banyak maskapai dunia. Pekan lalu dalam pameran penerbangan global Dubai AirShow, produsen pesawat komersial, Boeing, mengumumkan pihaknya telah berhasil menjual habis 259 pesawat seri 777X.

Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (20/11/2013), empat maskapai besar tercatat membeli seluruh unit pesawat tersebut dengan total harga sebesar US$ 95 miliar atau setara Rp 1.110 triliun.

Seri Boeing 777X merupakan versi terbaru dari Boeing 777 dengan badan yang lebih panjang, dilengkapi sayap komposit dan mesin baru yang lebih canggih.

Selain itu, semua pesawat tipe 777X juga menjanjikan penghematan bahan bakar sebesar 12%. Tak heran, pesawat tersebut menjadi incaran banyak maskapai di tengah harga minyak yang masih melambung.

Boeing 777X terdiri dari dua jenis pesawat yaitu 777-8X dan 777-9X. Pesawat tipe 8X menjanjikan penerbangan dengan jarak tempuh hingga 8.200 mil laut dan menyediakan ruangan yang mampu menampung 400 penumpang.

Pesawat tersebut mampu meraup banyak keuntungan jika mengangkut penumpang dalam jumlah besar. Pasalnya dibandingkan pesawat komersial manapuun, 8X memiliki biaya operasional paling rendah untuk setiap kursi penumpang.

Tiga dari maskapai yang membeli Boeing seri 777X ini diketahui berbasis di Timur Tengah. Emirates telah memesan 150 unit baru, Qatar Airways telah membeli 10 unit sementara Etihad Airways membeli 50 unit pesawat. Maskapai keempat adalah Lufthansa dari Jerman yang telah memesan 34 pesawat.

Saat ini, seri 777X tengah dalam pengembangan. Boeing berharap dapat mulai berproduksi pada 2017 dan meluncurkannya pada 2020. Lokasi pembangunan pesawat masih menjadi misteri hingga saat ini.

Urusan persaingan, Boing menyatakan 8X akan bersaing dengan Airbus A350-1000 sementara 9X akan bertarung dengan kelasnya sendiri. (Sis/Nur)

Sumber Berita : Liputan6.com

Pudi Hartoyo

Pudi Tour and Travel hadir disini untuk melayani anda sebagai sahabat, Keluarga dan mitra kerja yang siap melayani segala kebutuhan wisata anda.

4 komentar:

Muh Hendrik mengatakan...

Keren nie pesawatanya. Selain hemat avtur desainnya juga keren menurutku.

budi os 19 mengatakan...

Melihat fasilitas dan fitur dari pesawatnya yg serbah wah..wajar kalo jenis ini byk di suka ya :)

artiirhamna mengatakan...

airbus ya,,, jenis yang besar dan kapasitas yang banyak memuat penumpang, pastinya akan ada persaingan yang lebih ketat lagi untuk jenis ini ya... Keren!!

Relaps Multiple Sclerosis mengatakan...

maklum lebih bagus dari yang lain, pesawat ini termasuk pesawat mahal, karena perusahaan yang memproduksi adalah ejtihad. milik orang kaya di timur tengah